Kamis, 08 Desember 2016

#SAVE-ACEH

Assalamualaikum Wr Wb
Salam buat rekan-rekan yang lain juga 
Bapak, ibu, Rabu 7-12-2016 (kemarin) kebetulan saya ada urusan di Medan (kp.halaman saya)
Mendengar bahwa ada kejadian di Aceh, maka saya dan kawan-kawan (dari kampus saya dulu - ITM - Institut Teknologi Medan) menghimpun donasi.
*photo bukan milik penulis

Seorang anak dalam pelukan ibunya. 
Bersama keduanya dalam berbagi kasih sayang 
bahkan saat akhir hayatnya
#SaveAceh

Rencana kami akan belanja kebutuhan, menurut info yang di dapat dari relawan disana hari ini - kamis 8-12-2016
Daftar Kebutuhan Sementara di Lokasi
1. Tenda2
2. Toilet bkr psg
3. Handuk
4. Obat-obatan
5. Tenda medis
6. Gudang makanan
7. Perlengkapan sanitasi wanita, pembalut, odol, sikat gigi,
8. Air bersih
9. Selimut
10. Perlengkapan bayi
11. Kelambu
12. Tenda Dapur
Saya bersedia menerima donasi rekan-rekan untuk disalurkan.
Tanpa mengurangi rasa hormat dan sungkan pada bapak dan ibu semua, silahkan donasi melalui saya.
Diluar donasi rekening, kami juga telah menerima donasi Tunai 
sebesar Rp 1.000.000,-

Berapapun donasi sahabat semua, 
InshaALLAH jadi amal baik kita 🙏

Terima kasih

BRI Kode Bank 002
762001000387508
an.Budi Santoso
Adapun hal lain-lain terkait penyaluran donasi, akan sesegera mungkin saya laporkan di forum ini.
Terima kasih atas perhatiannya.
Hormat saya
Budi Santoso, ST.
Kepala SMA Ruhul Bayan Kab.Tangerang BANTEN

Tlp.WA 0812-1283-6688

Kamis, 01 Desember 2016

Permainan Loncat Katak - 3 Pasang Katak - Season Dua

Salam semua sobat, khususnya para petualang indahnya pemandangan Matematika.
Ketemu lagi di Permainan Loncat Katak - 3 Pasang Katak - Season Dua

Salam juga untuk Peserta Modul Matematika SMA-D KK FH-1 M2 (Matematika KK-H) yang selalu berbahagia, semoga selalu SMAngat.


Berikut adalah link agar anda bisa men-download langsung file flash

Silahkan download, dan bukalah dengan browser anda, saya sarankan browser anda sudah mendukung file flash. Selamat bermain, dan tetaplah berbahagia dalam kondisi apapun, sobat.

Demikian yang dapat saya sampaikan. SMAngat. Apapun halnya, semoga manfaat.
Hormat saya,
Budi Santoso, ST.

SMAS Ruhul Bayan, Cisauk, Tangerang, BANTEN

GPO 2016 - Matematika SMA - Modul F dan H - Dengan Segala Aksesoriesnya

Salam Peserta Modul Matematika SMA-D KK FH-1 M2 (Matematika KK-H) yang selalu berbahagia, semoga selalu SMAngat.

Semoga manfaat.
Hormat saya,
Budi Santoso, ST.
SMAS Ruhul Bayan, Cisauk, Tangerang, BANTEN

Permainan Loncat Katak - 3 Pasang Katak - Grafik Bagus Plus Sound Menarik

Salam semua sobat, khususnya para petualang indahnya pemandangan Matematika.

Salam juga untuk Peserta Modul Matematika SMA-D KK FH-1 M2 (Matematika KK-H) yang selalu berbahagia, semoga selalu SMAngat.


Berikut adalah link agar anda bisa men-download langsung file flash

Silahkan download, dan bukalah dengan browser anda, saya sarankan browser anda sudah mendukung file flash. Selamat bermain, dan tetaplah berbahagia dalam kondisi apapun, sobat.

Demikian yang dapat saya sampaikan. SMAngat. Apapun halnya, semoga manfaat.
Hormat saya,
Budi Santoso, ST.

SMAS Ruhul Bayan, Cisauk, Tangerang, BANTEN

Permainan Lompat Katak - Frog Leap - Matematika Itu Menyenangkan

Salam semua sobat, khususnya para petualang indahnya pemandangan Matematika.

Salam juga untuk Peserta Modul Matematika SMA-D KK FH-1 M2 (Matematika KK-H) yang selalu berbahagia, semoga selalu SMAngat.

Setelah mencoba memahami materi yang disediakan di dalam modul H, mencoba sendiri dengan menggunakan lego yang dimiliki anak saya, serta mencari info di jagat-raya internet, akhirnya saya mendapatkan kesimpulan yang cukup membantu saya dalam memahami bagaimana menyelesaikan permainan tersebut dengan cepat dan mudah.
Dalam mengerjakan tagihan sesi 3 pada modul H - Matematika SMA-D KK FH-1 M2 (Matematika KK-H) - setiap peserta harus mengerjakan lembar kerja, dimana salah satu materi yang diminta adalah membuat tabel - berapa banyak lompatan yang terjadi - permainan loncat katak.
Kesimpulan
  1. Cara loncat - menjalankan - katak adalah semudah menyebutkan bilangan 1, 2, 3, dan seterusnya, dengan bilangan maksimal tergantung berapa banyak pasangan katak yang diminta. Teruslah menjalankan katak dengan bilangan maksimal, sampai tidak bisa lagi, barulah gunakan pola angka menurun, yaitu ..., 3, 2, 1. Done. You did it.
  2. Rumus jumlah lompatan katak adalah n2 + 2n, dimana n adalah nilai banyaknya pasangan katak yang diminta dalam soal.
  3. Masih kurang jelas untuk No.1 kah? Silahkan gali sendiri kemampuan anda dalam menyelesaikan permainan lompatan katak tersebut. ☺☺☺
  4. Tetaplah maju melangkah atau melompat ke - masa - depan. Karena kalau ke belakang, bukan maju namanya. #MyQuote
Untuk permainan loncat katak ini, secara khusus bukanlah hasil karya saya pribadi. Saya memperolehnya dari sana dan sini. Lain kali akan saya up-date link /web dimana saya memperolehnya.


Pasti anda penasaran ingin mencoba sendiri secara langsung permainan loncat katak ini, kan?

Baiklah akan saya share disini permainan loncat katak tersebut, bersama permainan katak lainnya. Saya merasa bahwa permainan ini mungkin menarik buat anak-anak dalam belajar tentang bilangan, juga melatih daya "juang" mereka. 
Silahkan anda memilih permainan loncat katak yang mana anda sukai, di link berikut:
  1. loncat katak hanya 3 pasang, grafik bagus plus sound menarik  SMAngat
  2. loncat katak sampai dengan 6 pasang, grafik biasa minus sound belum selesai
  3. loncat katak melatih daya pikir anak mencari solusi belum selesai
  4. loncat katak belajar bilangan belum selesai
Demikian yang dapat saya sampaikan. SMAngat. Apapun halnya, semoga manfaat.

Hormat saya,
Budi Santoso, ST.
SMAS Ruhul Bayan, Cisauk, Tangerang, BANTEN

Rabu, 16 November 2016

Download Permendikbud Nomor 24 Tahun 2016 Tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran Kurikulum 2013 SMA/MA, Matematika

Salam sobat semua, terutama para guru, wakil bidang kurikulum, kepala sekolah, serta para pemerhati pendidikan di Indonesia.

Berikut saya lampirkan Permendikbud Nomor 24 Tahun 2016 Tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran Kurikulum 2013.

Permendikbud No.24 Tahun 2016

Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran Kurikulum 2013 SD/MI

Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran Kurikulum 2013 SMP/MTs

Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran Kurikulum SMA/SMK/MA

Khusus untuk Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar tingkat SMA untuk mata pelajaran Matematika, silahkan download link berikut

Matematika Umum, Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran Kurikulum 2013 SMA/SMK/MA

Matematika Peminatan Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran Kurikulum 2013 SMA/SMK/MA

Apapun halnya, semoga manfaat.
Hormat saya,
Budi Santoso, ST.
SMAS Ruhul Bayan, Cisauk, Tangerang, BANTEN

Sabtu, 12 November 2016

Refleksi Sesi 4 - Statistika Dengan Segala Perniknya - Cara Mudah Bekerja Dengan Statistika - Silahkan Download Attachment

Silahkan Download disini

Salam sobat, PesertaMentorPengampu, juga Admin P4TK.
Semoga semuanya baik-baik saja, baik peserta, mentor, juga admin P4TK, terutama LMS800062 juga saya harapkan baik-baik saja. Agar para peserta tidak jatuh mental duluan sebelum melaksanakan tugas-tugas yang diberikan, khususnya saat hendak melaksanakan Sumatif yang selalu jadi hal yang menakutkan :p.
Saya yakin bahwa setiap peserta dalam melaksanakan setiap tugas-tugas yang diberikan di Sesi 4 ini, mestilah harus beberapa kali membuat tabel, menyusun, serta akhirnya menghitung, Karena banyaknya hitungan, sering sekali kita merasa jenuh kan? saya banget tuh ;)
Untuk itu, saya iseng mencoba menyusun sebuah tabel statistika, dengan memanfaatkan fasilitas yang telah disediakan - bahasa saya: dimanjakan - oleh sebuah software standar Windows, yaitu Ms Excel. Dengan sedikit pengalaman sebagai tukang ketik, saya menantang diri saya agar saya mendapatkan hasil yang - mendekati kata - lumayan, dengan hanya memasukkan input beberapa detil saja. Yaitu:
1. Interval Kelas
2. Nilai Minimal
3. Frekuensi setiap kelas

Akhirnya tara... saya mendapatkan hasil yang lumayan - menurut saya - meskipun tidaklah secanggih sofware yang banyak disediakan di pasaran. Silahkan sobat mencobanya dengan men-download di attachment posting saya ini. Silahkan dicoba. Semoga bisa membantu sedikit pekerjaan sobat semua, termasuk dalam menghitung hasil, bahkan bisa merancang soal sendiri, yang merupakan salah satu tugas penting kita sebagai centre of the universe saat berada di dalam kelas.
Saya dengan rendah hati menyampaikan bahwa hasil saya ini sangatlah jauh dari harapan banyak sobat semua, apalagi dari kata sempurna. Untuk itu, saya sangat mengharapkan masukansarankritik, juga permintaan hal apa yang anda harapkan dari hasil ketikan saya ini. Dan - maaf - pekerjaan saya ini di-protect, artinya sobat tidak bisa memodifikasinya secara langsung, kecuali mengetahui passwordnya. Begitupun, bagi sobat yang tertarik memodifikasinya, saya dengan senang hati akan memberikan tiket masuk untuk modifikasi pekerjaan saya. Mohon komentar membangun dan message saya secara langsung di fasilitas LMS ini, atau via email arbes88@yahoo.co.id.
Apapun halnya, semoga manfaat.
Hormat saya,
Budi Santoso, ST.
SMAS Ruhul Bayan, Cisauk, Tangerang, BANTEN